Konsep 5R/5S

HOUSEKEEPING MERUPAKAN KEGIATAN MENATA TEMPAT KERJA SEHINGGA DIPEROLEH LINGKUNGAN KERJA YANG NYAMAN DAN AMAN.

 

5 R

(INDONESIA)

5 S

(JEPANG)

PRINSIP
Ringkas Seiri Singkirkan barang yang tidak diperlukan
Rapi Seiton Membenahi tempat penyimpanan barang
Resik Seiso Mengatur dan melaksanakan prosedur kebersihan harian
Rawat Seiketsu Pertahankan Ringkas, Rapi dan Resik
Rajin Shitsuke Jadikanlah sebagai suatu kebiasaan

Sasaran menerapkan 5R/5S

Safety  

Tempat kerja yang tertata dengan apik akan menghindarkan terjadinya unsafe action dan unsafe condition

Quality 

Tempat kerja yang tertata dengan apik akan menciptakan kemudahan dan ketelitian dalam bekerja

Maintenance 

Tempat kerja yang tertata dengan apik akan mempermudah dalam hal membersihkan dan merapikan tempat kerja setiap hari.

Productivity
Tempat kerja yang tertata dengan apik akan meningkatkan produktivitas kerja karena suasana kerja nyaman, mencari barang-barang yg diperlukan lebih cepat, dll

 

Penerapan 5R harus dilakukan secara sistematis karena pada intinya 5R bukanlah suatu standar tetapi lebih ke arah pembentukan budaya seluruh karyawan di dalam suatu perusahaan

 

Prinsip Dasar RINGKAS

Pisahkan dan singkirkan barang yang tidak perlu dari tempat kerja

1.Tidak ada barang yg tidak diperlukan berada di tempat kerja.

2.Tidak ada barang yg berlebih jumlahnya.

3. Ada upaya untuk menurunkan jumlah stock barang yg ada di tempat kerja

 

Langkah Menuju RINGKAS

1.Kategorikan barang-barang yang ada di tempat kerja

2.Ketika memeriksa lokasi kerja, seharusnya ada pertanyaan yang datang atau muncul dari benak kita :

–  Barang apa ini  ?

–  Milik siapa  ?

–  Sejak kapan berada di situ  ?

–  Mengapa berada di situ  ?

–  Apakah masih digunakan  ?

–  Seberapa sering dipakai  ?

KESIMPULANNYA, konsep RINGKAS dilaksanakan dengan 4 langkah :

1.  Melihat ke seluruh area tempat kerja

2.  Menginventarisir dan menyusun daftar barang serta mengklasifikasikannya menurut penggunaannya (perlu, tidak perlu)

3.  Memberi label merah terhadap barang yang tidak perlukan

4.  Memindahkan barang-barang yang tidak diperlukan

 

Jangan lupa ….!!!, sebelum memulai kegiatan 5R, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil foto tempat kerja agar nantinya dapat dibandingkan antara sebelum dan setelah melaksanakan 5R

 

Prinsip Dasar RAPI

Membenahi tempat penyimpanan barang dan atur tata letak tempat kerja, termasuk peralatan kerja

1. Barang mudah ditemukan.

2. Barang mudah diambil.

3. Barang mudah disimpan kembali ke tempat semula

 

Langkah Menuju RAPI

1. Mengklasifikasikan tempat penyimpanan dan item-itemnya

2. Menyiapkan tempat penyimpanan beserta labelnya

3. Mengatur tata letak tempat kerja

4. Memberi tanda batas

5. Mengatur tata letak tempat penyimpanan (denah/peta)

6. Memberi kode/label/tanda pengenal barang

 

Prinsip Dasar RESIK

Mengatur dan melaksanaakn prosedur kebersihan harian

1. Bersihkan dari kotoran, semua yang ada di tempat kerja

2. Membersihkan sambil memeriksa

3. Menghilangkan sumber penyebab kotor

4. Mengupayakan kondisi optimum

 

Langkah Menuju RESIK

1. Sarana kebersihan : tempat sampah, sapu, lap, penghisap debu, dll

2. Kegiatan pembersihan yang terjadual

3. Peremajaan (penataan ulang) tempat kerja secara periodik

4.  Pelestarian RESIK :

a. Menghilangkan sumber kotoran

b. Kriteria resik

c. Peta tanggung jawab resik

d. Pemeriksaan berkala (ada jadual)

 

Prinsip Dasar RAWAT

Mempertahankan RINGKAS, RAPI dan RESIK. Artinya memelihara lingkungan yang sudah bersih dan rapi sepanjang waktu. Maka perlu dibuat standar prosedur. Jika tidak segera distandarkan maka kondisi bersih rapi yang telah dicapai akan kembali kotor berantakan. Prosedur standar ini harus dilaksanakan oleh semua pihak. Prosedur Standar ini harus diumumkan, diketahui dan dipahami oleh semua orang.

Tujuan dari perawatan ini untuk menjaga kondisi atau memelihara kondisi yang sudah ditata dengan baik tetap terjaga dengan optimal dan terjadi peningkatan atas kondisi tersebut.

 

Prinsip Dasar RAJIN

Standar prosedur yang telah ada, dalam melaksanakan Ringkas (Seiri), Rapi (Seiton), Resik (Seiso) harus secara berkelanjutan dipertahankan (sustain). Dengan disiplin yang tinggi, RINGKAS, RAPI, RESIK sesuai dengan standar prosedur menjadikebiasaankerja, menjadisikapkerjakita. Yang penting juga kita harus mengkomunikasikan, mengajarkan, melatih dan mendidik anak buah, rekan kerja, untuk memahami standar prosedur yang ada.

 

Langkah Menuju Rajin

Apa yang harus dikerjakan untuk mencapai RAJIN ?

1.  Biasakan kondisi tempat kerja selalu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan

2.  Lakukan pengontrolan setiap saat

3.  Lakukan koreksi bila ada penyimpangan

4.  Lakukan peningkatan, misalnya dengan melakukan perlombaan antar unit kerja untuk peningkatan efektivitas, pelatihan-pelatihan, penetapan target oleh atasan, contoh atasan, dll

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: