Bila tidak menerapkan 5R/5S

RINGKAS = SEIRI

•  Akibat stok barang/perkakas/mesin-mesin yang tidak perlu, lokasi kerja yang sudah sempit akan semakin sempit.

•  Karena barang yang tidak perlu diletakkan tidak pada tempatnya, gerakan operator akan terganggu, sehingga menimbulkan kesia-siaan gerakan

•  Ketika akan mengambil peralatan kerja, karena banyak barang tidak perlu yang tercampur, menimbulkan pemborosan waktu pencarian.

•  Stok barang yang berlebihan, menyebabkan timbulnya biaya perawatan, atau penurunan kualitas barang yang disimpan sehingga tidak bisa dipakai lagi.

•  File-file yang tidak perlu akan memakan tempat, sehingga ruangan kerja terasa akan semakin sempit

•  File dan informasi yang tidak perlu akan menimbulkan keterlambatan dan kekacauan pengambilan keputusan manajemen

•  Meja yang berisi barang-barang yang tidak perlu bisa menurunkan efisiensi/produktivitas kerja.

 

RAPI = SEITON

•  Hanya orang tertentu saja yang mengetahui letak penyimpanan barang, sementara yang lain tidak mengetahui walaupun mereka membutuhkan.

•  Hanya orang yang menggunakan alat sebelumnya saja yang tahu di mana peralatan itu disimpan.

•  Barang-barang tidak diletakkan sebagaimana mestinya sehingga kesulitan ketika akan menggunakannya

•  Tidak ada yang mengetahui letak tempat file atau dokumen yang diperlukan.

•  File dan dokumen hanya sekedar dimasukkan saja tanpa label atau idntitas sehingga tidak berguna.

•  Letak tempat barang berbeda dengan sebelumnya. Karena tidak menyadari hal itu, barang yang salah ikut terpasang.

 

RESIK = SEISO

•  Pekerjaan yang dilakukan di tempat gelap akan mengurangi efisiensi kerja.

•  Pada pabrik yang gelap dan tidak bersih, sulit menemukan defective (cacat) pada produk.

•  Akibat tumpahan minyak dan air di lantai, orang bisa tergelincir dan luka

•  Pada bagian-bagian mesin yang tidak terjangkau perawatan, kerusakan akan sering terjadi.

•  Kotoran atau debu yang beterbangan dapat mengganggu kesehatan.

•  Ruangan kerja yang sehari-harinya tidak dibersihkan, lantai dan dindingnya kotor sehingga tidak menimbulkan semangat kerja

•  Meja kerja yang berantakan bisa menimbulkan pekerjaan tidak efisien dan produktivitas rendah.

 

RAWAT = SEIKETSU

•  Walaupun secara keseluruhan telah menerapkan 3R yang pertama, akan kembali ke kondisi awal yang berantakan.

•  Karena peletakan susunan peralatan kerja kurang baik, setiap hari sehabis bekerja selalu harus mencek kembali

•  Sampah kertas berserakan di lantai sehingga harus membersihkannya 2 ~ 3 kali per hari.

•  Alat tulis cepat sekali hilang atau habis sehingga setiap waktu perlu dilakukan pemeriksaan terhadap alat tulis masing-masing

•  Debu-debu beterbangan di lantai sehingga setiap kali harus membersihkan dengan kain pel.

 

RAJIN = SHITSUKE

•  Walaupun sudah melakukan 5R, akan kembali ke kondisi awal yang berantakan dan kotor.

•  Walaupun mesin kotor oleh debu dan kotorran, tetap dibiarkan saja.

•  Karena produk tidak diletakkan pada tempat yang sama dan tetap, kadang-kadang timbul produk dengan penamaan yang salah

•  Ruangan kantor yang suram dan gelap tidak menimbulkan semangat kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: